Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ASUS ROG Phone 8 Ponsel Gaming Sempurna Untuk Semua Kalangan

Indonesia menghadapi kondisi fatherless country. Sebuah kondisi di mana anak kehilangan figur ayah. Ayah jarang hadir untuk anak. Kalau pun hadir secara fisik, ayah tidak hadir jiwanya. Badannya ada, tetapi pikirannya ke mana-mana. Kondisi ini berbahaya. Sebab, mayoritas kenakalan remaja dilatarbelakangi anak yang 'lapar' sosok ayah. Maka, perlu berbagai strategi agar ayah dekat dengan sang anak. Salah satunya adalah bermain game






Sebelum dilanjutkan membacanya, kenalkan, saya adalah seorang ayah dari dua anak laki-laki. Nama saya Padil. Anak sulung saya namanya Jundi sekarang berumur 9 tahun. Adiknya namanya Firaz, beda 3 tahun dari umur kakaknya. 

Ketika mau menikah, saya pikir modal niat baik itu sudah cukup.  Ya, bagi saya, tak cukup hanya niat menikah karena ibadah, lalu mengurus anak bisa dilakukan setelah menikah. Mengurus anak nanti bersama-sama istri.

Sekarang baru terasa bahwa bekal untuk berkeluarga itu penting. Terutama dua hal  yaitu bekal menjadi seorang suami dan menjadi seorang ayah. Misalnya menjadi seorang ayah, saya masih harus belajar lagi dan lagi. Belajar tentang kebijaksanaan, mengelola emosi, mengetahui dan memenuhi kebutuhan anak, menggali minat, dan lainnya.   

Maka, setelah menikah saya terus belajar.  Saya butuh banyak wawasan dan pengetahuan sebagai ayah.  Mulai dari  banyak membaca buku  parenting,  mendengarkan podcast keayahan, ikut komunitas keayahan, dan lainnya. 

 

Saya mengikuti komunitas keayahan


Saya takut kalau anak saya termasuk yang kekurangan figur ayah.  Maka saya mencari banyak strategi untuk mengatasi kondisi itu. Beruntung di sekolah anak saya ada komunitas yang memberikan wawasan tentang keayahan. Di situ pula saya baru tahu kalau seorang ayah harus punya misi, visi,  dan nilai keluarga. Tak apalah kalau terlambat. Lantas saya mencoba merancang visi misi keluarga. Kami beri nama keluarga kami adalah....tara.....keluarga penerbang. Filosofinya adalah keluarga kami sering menerbangkan mimpi-mimpi. Dan inilah visi misinya.





Ada tiga misi saya dengan anak-anak. Melakukan ketiga hal bersama anak untuk menumbuhkan kedekatan bersama mereka. Memenuhi kebutuhan sosok ayah sehingga kebersamaan itu bisa mempererat bonding ayah dengan anak.

Pertama, waktu bermain.  Kedua, traveling. Ketiga, melakukan proyek. 

Di sebuah pertemuan komunitas ayah, saya pernah mendapatkan materi pentingnya travelling bagi anak-anak. Lewat perjalanan itulah anak diajak berlatih kemandirian, tanggung jawab, mendapatkan berbagai pengalaman, dan lainnya. Secara rutin saya mengecek durasi jalan-jalan keluarga. Tidak harus jauh sih sebetulnya. Minimal keluar dari daerah sendiri. Dan inilah pengalaman travelling keluarga kami.




Anak-anak saya tidak sekolah formal. Ini menjadi tantangan buat saya untuk menggali potensi dan memaksimalkannya. Saat ini saya mengajaknya untuk mencoba dan melakukan banyak aktivitas sampai dia tahu minatnya.


Menjadi Fatherman, Akrab Lewat Bermain Game

Mabar sama si sulung


Kembali ke istilah fatherless tadi. Memang sekarang ini ramai fenomena Fatherless. Sebuah kondisi di mana anak kehilangan sosok ayah atau tidak merasakan kehadiran Ayah. Fatherless ini termasuk misalnya ayah ada secara fisik, tetapi pikiran atau jiwanya tidak sedang bersama anak. Seorang ayah yang jarang punya waktu bersama sama anak. 

Ini pula yang sedang saya takutkan. Maka saya harus dekat dengan anak lewat berbagai cara salah satunya dengan bermain game. Jadi, bermain game, adalah salah satu strategi saya supaya dekat dengan anak. 

Yang dibutuhkan anak bukanlah superman atau batman tetapi fatherman, sosok ayah yang bisa diajak bermain dan memenuhi lapar tentang sosok ayah. Tidak harus hebat seperti superman, tapi fatherman bisa memberikan waktu untuk sang anak. Termasuk melalui bermain game.

Dengan bermain game kita punya keseruan bersama anak mengenai mengatur strategi, saling bercanda, memotivasi satu sama lain, atau menghabiskan waktu bersama. 

Saya dan anak punya kesepakatan bermain game. Pertama, di pagi hari, sekitar jam 6 pagi, bermain selama 15 - 30 menit. Kedua, siang hari sekitar pukul 13.00 juga selama 15 - 30 menit. Di hari libur biasanya ada waktu-waktu yang lebih panjang dari biasanya.

 

 

"Ayah, boleh main. Biar bisa naikin rank?"

"Ntar ini bukan jadwalnya. Tunggu 2 jam lagi baru kita Mabar." 

 

Untungnya tidak ada keberatan sedikitpun yang saya lihat di wajahnya. Dengan penuh kesadaran dia komitmen dengan jadwal yang ditentukan.

 

Tapi lain kali memang dia merajuk dan membujuk menambah durasi main. Padahal ini kan bukan jadwalnya. Kalau sudah begini biasanya saya ajak dia bermain dengan permainan yang ada di rumah atau mengajaknya keluar rumah untuk jalan-jalan. 


“Mas Jundi boleh bawa hape ke luar? Mau ke rumah Adit, biar naikin push rank,” bujuk Mas Jundi pada saya. (Sebuah kebiasaan di keluarga kami memanggil dengan sapaan Mas untuk anak sulung supaya dia merasa kalau dia seorang kakak). 

 

“Boleh. Nah, begitu ya, kalau mau pergi harus pamit dulu. Terus, ntar kalau sudah waktunya segera pulang ya,” pesan saya kepada Mas Jundi.

“Ya, ingat kok.”

“Nanti pulangnya coba mabar lagi ya.”

“Ya nggak papa mabar. Paling Mas Jundi juga yang menang,” katanya dengan yakin.


Kalau sedang tidak main bareng, saya melihat-lihat atau menemaninya saja. Saat itu biasanya sedang mendesain flyer, spanduk, sertifikat, atau matengkan konsep konten.

Beruntung saya punya waktu lebih banyak bersama anak. Di sekolah alam anak saya, pekan keempat setiap bulannya tidak sekolah, tapi bermain bareng keluarga. Kegiatannya bisa merancang dan melaksanakan proyek, bermain bersama orang tua, atau lainnya. ini sekaligus tantangan bagi saya agar selalu punya proyek bersama anak.

Ke depannya Saya tidak tahu dia akan menjadi apa. Tapi bagi saya, apapun profesinya, yang penting menjadi orang baik. 

Saya menyadari bahwa peran ayah sangat besar dan dominan dalam pendidikan anak. sebesar itu pula harapan saya bahwa ASUS ROG Phone 8 memberikan pengalaman tanpa batas antara ayah dan anak. Merasakan kedekatan dengan anak. merasakan pengalaman gaming yang lebih maksimal, seru, menegangkan, merayakan victory, naik rank, menambah pundi penghargaan semuanya pengalaman tanpa batas.



Tak hanya itu, ASUS ROG Phone 8 menjadi senjata andalan untuk mengerjakan berbagai konten dengan mudah, maksimal, dan menyenangkan. Ponsel gaming ASUS ROG Phone 8 menjadi ponsel serbaguna yang bisa digenggam dengan mudah.

 

Semangatnya Mas Jundi sangat tinggi dengan mengatakan impiannya.

“Kalau main game menghasilkan emang boleh sama Ayah?”

“Boleh saja. Tentu kita obrolkan lebih serius.”

“Iya. Soalnya Mas Jundi pengen ke Surabaya ikut turnamen evost. Kalau menang bisa ke Thailand turnamen tingkat dunia,” itu impian si sulung yang kini berumur 9 tahun ini mengatakan impiannya.

 

 

ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan seri terbarunya ROG Phone 8 yang merupakan penyempurna pada teknologi mobile gaming. Melanjutkan pendahulunya, seri ROG Phone 8 berevolusi, tak hanya sebagai ponsel gaming murni saja tetapi menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer.


Desain ROG Phone 8 sekarang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis. ROG Phone 8 adalah ponsel sempurna untuk gaya hidup para gamer. Ponsel gaming yang serba bisa dan tangguh cocok untuk para gamer, streamer, content creator dan lainnya.

 

 

ROG Phone 8 berteknologi canggih dengan fitur-fitur yang memudahkan untuk bermain game yang dipersenjatai dengan performa terbaik bertenaga AI, desain yang premium, dan mengutamakan kepraktisan untuk penggunaan harian. ROG Phone 8 ini lebih dari sekedar smartphone biasa, menawarkan teknologi mutakhir, desain yang inovatif dan komitmen terhadap pengalaman pengguna yang luar biasa.

Seri ROG Phone 8 adalah sebuah karya sempurna yang didedikasikan untuk memberikan kepuasan pengguna mobile gaming atau penggemar teknologi. Simak yuk hebatnya 6 teknologi dan inovasi ROG Phone 8 yang menampilkan performa luar biasa dan desain mantap perpaduan estetika dengan fungsionalitas.

 

1. Performa Yang Sangat Tangguh


Jeroan ROG Phone 8 adalah Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi. Untuk memungkinkan sesi gaming secara terus menerus tanpa khawatir suhunya panas berlebih. 

ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.






Saya jadi teringat keluhan Mas Jundi kalau handphone-nya sering agak nge-lag saat dipakai bermain.

“Ini sering nge-lag, yah. Jadi berhenti-berhenti aja.”

“Mungkin kurang dekat sumber wifi,” kata saya.

“Nggak juga. Sudah dekat ke meja belajar yang ada wifi-nya juga masih berhenti-berhenti.”

“Mungkin hape-nya yang sudah tua. Berdoa ya. Semoga saja Mas Jundi bisa punya handphone gaming. ROG-lah minimal, senggol dong!”

 

Ingat kejadian itu seketika ingat ROG Phone 8 ini. Prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh luar biasa pastinya nggak ada drama nge-lag saat main game. Mobile gaming apapun termasuk Free Fire atau Mobile Legend, PUBG dijalankan dengan mudah saja.

Meskipun dipakai untuk main game yang memerlukan kerja maksimal, ‘kesehatan’ ROG Phone 8 akan tetap terjaga  karena dilengkapi dengan pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru dengan ukuran 29% lebih kecil, tapi menawarkan efisiensi termalnya 1,2X lebih tinggi. Nah, teknologi ini dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

 

Selain menawarkan desain premium dan performa terbaik, seri ROG Phone 8 merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air sehingga pengguna dapat menikmati pengoperasian tanpa rasa khawatir di mana pun mereka berada.

  

2. Tampilan Layar Jernih Memukau 



Kemudian mungkin kita akan bertanya bagaimana kemampuan refresh rate ROG Phone 8? Sebab refresh rate termasuk pertimbangan sebuah ponsel. Ini sebagai tolak ukur seberapa cepat dia me-refresh pixel layar setiap detiknya. Aktivitas scrolling di layar smartphone terasa smooth jika memiliki refresh rate besar.

Nah, seri ROG Phone 8 Pro menampilkan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide).

Sistemnya dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya.

Bahkan pengguna dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz! Ini ada refresh rate yang sangat menakjubkan.

Bahkan tidak masalah jika bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari dengan tingkat kecerahan tertinggi karena bisa ditingkatkan menjadi 2500 nits. Jadi, layarnya terang.

Visual yang luar biasa ini disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Ini adalah tampilan yang tidak tertandingi.

Termasuk sangat nyaman ketika mengambil foto atau video pada area terang sekalipun. Maka ini menjadi ponsel yang sangat pas untuk content creator yang sering mengharuskan mengambil konten di area yang penuh sinar atau cahaya.

 

3. AI Kamera Tingkat Pro


Simak nih beberapa kecanggihan tri-camera system seri ROG Phone 8 yang sangat memanjakan para gamer dan kreator.  

  • Pertamakamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Ada lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis. Ada mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan.
  • Keduateknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang membuat pengambilan foto dan video lebih mulus dan bebas guncangan. Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.
  • Ketigalensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X. Sungguh luar biasa!
  • Keempatkamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural.
  • Kelimakamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Tidak diragukan lagi bahwa Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman. Dengan berbagai kecanggihan ini, dipastikan pengguna jadi content creator yang sangat andal dan maksimal.

 

4. Fitur AI Untuk Bermain Game

ASUS ROG Phone 8 dilengkapi empat fitur AI yang ramah untuk bermain game. Pengguna mendapatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. Pertama, X Capture untuk menangkap momen penting termasuk Background Mode untuk mengalihkan game ke latar belakang.

Kedua, AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition. Ketiga, X Sense yang mampu meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan.




Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game. Berbagai fitur ini semakin menyempurnakan dalam mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal.

Teknologi OZO Audio yang bisa menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi. wah, semakin sempurna nih dalam membuat konten!

5. AniMe Vision



Desain di ROG Phone 8 Pro / Pro Edition sangat memukau dengan layar Mini-LED Anime Vision yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur atau dibuat oleh pengguna. AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan kata sederhana, logo ROG, dan lainnya dengan LED. Animasinya bisa dalam berbagai kondisi penggunaan misalnya mulai game, ngecas, dan lainnya.  

Untuk warna, ROG Phone 8 hadir dalam varian warna phantom black dan phantom grey. Terus, ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition hadir dalam warna Phantom black. 

Semua teknologi yang disematkan pada ROG Phone 8 ini akan memberikan pengalaman gaming dan menghasilkan konten yang sempurna untuk pengguna. Maka tidak ada lagi tampilan burik pada layar, tersendat-sendat karena ngelag, atau audio yang tidak maksimal. Hal ini menjawab pentingnya ROG Phone 8 memenuhi berbagai kebutuhan dari sebuah ponsel. Tidak salah lagi tagline Beyond Gaming karena ROG Phone 8 ini di luar kebiasaan tentang ponsel gaming yang hanya digunakan untuk gaming saja tetapi bisa untuk berbagai profesi termasuk content creator, streamer, dan lainnyaYa, ROG Phone 8 ini sangat cocok untuk semua kalangan!

ROG Phone 8 adalah definisi sempurna untuk hape gamingNggak ada saingannya lagi. Nggak ada yang ngalahinnya lagi. Juga menjadi content creator yang semakin kece dengan konten yang dihasilkan. Saya percaya ROG Phone 8 bisa menghapus stereotip bahwa gaming hanya membakar uang saja, tapi ROG Phone 8 ini, bisa untuk menghasilkan cuan.

Sudah nggak sabaran pengen punya ROG Phone 8? Yuk cek harga dan ketersediaan ROG Phone 8 ini. 


Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

-ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000

-ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000

-ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000

-ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8

Ada beberapa promo yang bisa segera kita manfaatkan, lho.

First Sale Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

-Consumer Launch Sales Promo: 

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 hingga 23 Maret 2024. 

Spesifikasi ROG Phone 8

BODY
Dimensi163.8 x 76.8 x 8.9 mm
Berat225 gram
KetahananIP68
Fitur Lainnya- Tahan debu dan tahan air
- Logo iluminasi Aura RGB (bagian belakang)
- Zona sensitif tekanan (Air Trigger; dua tombol)
LAYAR UTAMA
JenisLTPO AMOLED
Ukuran6.78 inci
Refresh Rate165 Hz
Resolusi1080 x 2400 piksel
Rasio20.4:9
Kerapatan395 ppi
ProteksiCorning Gorilla Glass Victus 2
Fitur Lainnya- 1,07 miliar warna, HDR10+
- Touch sampling rate 720 Hz
- Tingkat kecerahan: 1600 nit (khas), 2500 nit (puncak)


HARDWARE
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 3
CPUOcta-core (1x3.3 GHz Cortex-X4 & 5x3.2 GHz Cortex-A720 & 2x2.3 GHz Cortex-A520)
GPUAdreno 750
MEMORI
RAM12 GB, 16 GB
Memori Internal256 GB
KAMERA UTAMA
Jumlah Kamera3
Konfigurasi
50 MP (wide), f/1.9
13 MP (ultrawide), f/2.2
32 MP (telephoto), f/2.4
FiturWide: PDAF, gimbal OIS; Ultrawide: FoV 120˚; Tele: AF, OIS, perbesaran optik 3x; Umum: LED flash, HDR, panorama, Video: Hingga 8K@24fps, gyro-EIS
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera1
Konfigurasi
32 MP (wide), f/2.5
FiturPanorama, HDR, Video: 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
InfraredTidak Ada
NFCAda
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NavIC
USBTipe-C 3.1 (bawah), Tipe-C 2.0 (samping), USB On-The-Go
BATERAI
JenisLi-Po
Kapasitas5500 mAh
FiturPengisian cepat 65W (klaim 100% dalam 39 menit), pengisian nirkabel 15W (Qi), pengisian balik 10W, bypass charging
FITUR
OS (Saat Rilis)Android 14, ROG UI
SensorFingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaPhantom Black, Rebel Grey
Fitur Lainnya- Audio resolusi tinggi 32-bit/384kHz
- Speaker stereo dengan dua amplifier
- Mikrofon berjumlah tiga dengan Noise Reduction
- Konektor aksesori (POGO pin)


"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien."

4 comments for "ASUS ROG Phone 8 Ponsel Gaming Sempurna Untuk Semua Kalangan "

  1. Menarik ya...sekolah non formal, malah jadi lebih dekat ke orang tua. Walaupun, sepertinya ortu pusing ya merancang kegiatan untuk anak. Tapi untuk manfaat jangka panjang ya dilakoni saja.
    Bagus banget ASUS ROG Phone 8, bukan hanya sekadar ngagame, bisa tuh bikin konten pas Keluarga Penerbang traveling...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Hani. Makasih sudah berkunjung. Benar, dengan sekolah informal, membuat kami punya banyak waktu dengan anak. Kami jadi semakin kreatif nyari kegiatan untuk kebersamaan.

      Dengan spesifikasi kamera ROG Phone 8 yang tajam, teknologi Sony 50 MP terbaru dan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0
      membuat mudah pembuatan konten keluarga.

      Delete
  2. Rog Phone 8 bakal jadi idaman para konten kreator dan juga gamer karena spesifikasi yang mendukung banget.

    ReplyDelete
  3. Sepakat, Mas. Misalnya untuk kebutuhan gaming, ROG Phone 8 yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 3 tentu nggak diragukan lagi. Ditambah, teknologi AI yang bakal membuat pengalaman gaming semakin sempurna.

    ReplyDelete